jasa desain interior terbaik Jakarta Barat

Posting by Admin

jasa desain interior terbaik Jakarta Barat JASA KONTRAKTOR DESAIN INTERIOR Penampilan atau visualisasi luar suatu gedung dapat sangat tergantung kepada isi alias interiornya . Sisi luar suatu ruang atau bangunan tentu merupakan refleksi atau bayangan tampilan dalam. Walau tak selalu. Dalam banyak kondisi , penampakan bagian luar terutama bagian depan tersebut malahan menjadi hal yang paling bany



149 Kali
CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 15-01-2021 02:05:26

Panel listrik  atau Electrical Switchboard adalah sebuah alat atau perangkat yang terdiri dari beberapa komponen listrik yang diatur disusun sedemikian rupa sehingga dapat memudahkan penggunaanya untuk mendistribusikan, menyalurkan, membagi tenaga listrik dari sumber tenaga listrik ke konsumen atau pemakai dan pengamanan, pemeriksaan, perawatan panel listrik.

Panel listrik hakikatnya dibedakan menjadi 2 yaitu panel daya dan panel distribusi listrik. Panel daya adalah tempat untuk menyalurkan dan mendistribusikan energi listrik dari gardu listrik step down ke panel-panel distribusinya. Panel distribusi listrik adalah tempat menyalurkan dan mendistribusikan energi listrik dari panel daya ke beban (konsumen) baik untuk instalasi tenaga maupun untuk instalasi penerangan dan berguna untuk mengalirkan energi listrik dari pusat atau gardu induk step down.

A.PERSYARATAN PEMBUATAN DAN PEMASANGAN PANEL LISTRIK.

1.Persyaratan Pembuatan Panel Listrik.

  • Mudah dilayani dan aman.
  • Dipasang pada tempat yang mudah dicapai.
  • Didepan panel ruangan harus bebas.
  • Panel tidak boleh ditempatkan pada tempat ruangan yang bebas.

2. Persyaratan Pemasangan Panel Listrik Sesuai Dengan PUIL

  • Semua penghantar/ kabel harus disusun rapi
  • Semua komponen harus dipasang rapi
  • Semua bagian yang bertegangan harus terlindungi
  • Semua komponen sudah terpasang kuat
  • Jika terjadi gangguan tidak meluas
  • Mudah diperluas / dikembangkan jika diperlukan
  • Mempunyai keandalan yang tinggi.

B. JENIS PANEL

Ada beberapa macam jenis panel listrik, yaitu berdasarkan bahan, tipe, penggunaannya dan berdasarkan fungsi kontrolnya

1. Berdasarkan jenis bahannya.

Berdasarkan bahannya panel listrik dibagi 2 yaitu panel box besi dan panel box palstik.

a.Panel box besi

Jenis panel berbahan dari logam yaitu besi plat atau baja tuang yang dibentuk dengan cara press

b. panel box plastic.

Jenis panel berbahan dari plastic, umumnya dari plastic berjenis HDPE karena sifatnya yang kuat, keras dan tahan lama terhadap suhu tinggi.

2. Berdasarkan Jenis Tipenya
Berdasarkan tipenya panel listrik dibagi 3 yaitu wall mounting, free standing dan switch gear.

a.  Wall Mounting.

Tipe panel yang ditempelkan pada dinding biasanya digunakan untuk panel-panel lighting, lift, gas dan mempunyai ukuran kecil yaitu :
700 x 500 x 200 Mm, 800 x 600 x 200 Mm dan 700 x 800 x 200 Mm.

b. Free Standing.

Tipe panel yang konstruksinya lebih tinggi, panjang dan lebar dibandingkan, umumnya ukurannya 2200 x 1600 x 600 Mm.

c. Switch Gear { Panel Tegangan Menengah }.

Adalah jenis panel menengah yang mendistribusikan energy listrik ke panel-panel lebih kecil kapasitasnya melalui trafo tegangan yang digunakan mulai ari 3,3 KV, 6,6 KV, 20 KV dan 24 KV. Panel tipe ini bukan pensupply beban akhir hanya sebagai pemutus dan pembagi beban.

3. Berdasarkan Jenis Penggunaannya

a.MVMDP (Medium Voltage Main Distribution Panel) 

Panel ini berfungsi sebagai pemutus, pemisah dan menyalurkan tenaga listrik/tegangan sebesar 20kv (20.000 volt)  dari panel/gardu PLN,  kemudian didistribusikan ke Step Down Transformer untuk diturunkan tegangan menengah menjadi tegangan rendah sebelum di diteruskan ke panel LVMDP.

b.Panel LVMDP {Low Voltage Main Distribution Panel} / Panel Utama Tegangan Rendah.

Adalah panel yang berfungsi sebagai pemutus, pengaman bagi feeder dan menerima daya listrik dari trafo untuk selanjutnya didistribusikan ke panel-panel distribusi tegangan rendah. Didalamnya berisi peralatan pengaman, distribusi dan alat-alat ukur.

c. Panel LVSDP {Low Voltage Sub Distribution Panel}  .

Adalah panel yang berfungsi mendistribusikan tenaga listrik dari Panel LVMDP menuju panel lokal atau ke beban listrik/peralatan elektrikal seperti lampu, stop kontak, AC, Motor Listrik dan lain-lain.

4. Berdasarkan Fungsi Kontrolnya.

Berdasarkan fungsi kontrolnya panel listrik dibagi 5 yaitu panel kontrol Genset, Motor, .

a.Panel Kontrol Genset.

Panel Listrik Kontrol Genset dibagi 4 yaitu panel ATS, AMF, ATS-AMF dan Sinkronisasi.

1.Panel ATS { Automatic Transfer Swicth }.

Panel yang fungsinya menghubungkan atau memasukan energi listrik secara otomatis yang bersumber dari Genset atau sumber backup lainnya untuk menggantikan energi listrik utama dari PLN yang mati/gagal.

2.Panel AMF { Automatic Main Failure }.

Panel yang fungsinya mengoperasikan atau menyalakan Genset secara otomatis ketika sumber energi listrik utama {PLN} mati/gagal.

3.Panel ATS – AMF

Panel yang fungsinya mengoperasikan atau menyalakan Genset secara otomatis ketika sumber energi listrik utama {PLN} mati/gagal dan secara otomatis menghubungkan atau memasukan energi listrik yang bersumber dari Genset atau sumber backup lainnya untuk menggantikan energi listrik utama dari PLN yang mati/gagal.

4.Panel Sinkronisasi.

Panel yang berfungsi untuk mengoperasikan/penggabungan 2 sumber listrik atau lebih yang bekerja secara pararel untuk memperoleh suatu sumber listrik yang lebih besar yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan beban listrik. Panel ini men-sinkronkan fasa, tegangan dan frekuensi.

b. Panel Kontrol Motor.

1.Panel Motor DOL.

Panel yang fungsinya sebagai panel control penghasutan motor-motor listrik dengan langsung menghubungkan dan memutuskan motor dengan sumber tenaga listrik melalui peralatan listrik MCB dan Kontraktor Listrik.

2. Panel Motor Star Delta.

Panel yang fungsinya sebagai soft stater pada starting beban motor-motor listrik, dengan cara menghubungkan star/delta lonjakan arus listrik yang terlalu tingggi bias dihindari.

3. Panel MCC.

Panel yang fungsinya untuk aplikasi pusat pengontrolan beberapa kumpulan motor-motor listrik pada industri dalam satu panel secara manual maupun otomatis. Secara otomatis adalah pengendalian jarak jauh menggunkan PLC atau DCS pada runag control sedangkan manual adalah pengaktifan motor dilakukan langsung dari MCB yang ada di MCC

4. Panel VSD

Panel yang fungsinya untuk mengoperasikan Motor Induksi dengan inverter yang menggunakan frekuensi tegangan masuk untuk mengatur speed motor sehingga efisiensi lebih tinggi dan losses dapat ditekan.

c. Panel Kontrol Faktor Daya.

Panel yang fungsinya untuk mengoptimalkan tenaga listrik denga cara memperbaiki factor daya { cos phi } atau KVAR menjadi lebih baik mendekati 0,99 – 1 atau nilai yang diinginkan. Sehingga dapat menghemat tagihan listrik dan terhindar dari denda PLN.